Sabtu, 09 Februari 2013

Fungsi compressor wash pada pesawat


Kenapa harus ada compressor wash :
Terlepas dari pesawat terbang rendah atau tinggi, terbangnya di bush/Offshore/Onshore, atau di nun jauh atas sana , pasti selalu akan ada saja bahaya mengancam dari pada "SULPHIDATION ATTACK" atau "HOT CORROSION" yang bisa terjadi karena pengaruh kandungan sedimen udara lingkungan ditambah kerja berat mesin.


Rumusan kandungan yang menyerang itu:
SALT, seperti biasa udara lingkungan yg mengandung uap garam (jangan lihat hanya onshore/offshore, di ketinggian tertentu juga ada).
SULPHUR Compound, biasanya uap hasil pembakaran BBM, ditambah lagi polusi gunung, polusi pabrik,dll.
SILICA (Airborne Dust), biasanya ini polusi dari gunung berapi yang aktif (yang terakhir ini sangat tajam, bak kertas amplas).
Jadi kombinasi SALT+SULPHUR+SILICA = SULPHIDATION ATTACK, bisa menyebabkan Rapidly/Premature "HOT CORROSION".

Lihat NICKEL ALLOY bahan dari pembuatan turbine blade yang sudah kena pengaruh "Polusi" plus "Kerja Kerasnya" , dan sudah mulai berubah warna, dan proses pembuatannya dibagi sebagai berikut:
DS = Directionally Solidified Casting
SC = Single Crystal Casting
EA = Equiaxed Alloy Casting

Secara operasional:
turbin terendah putarannya 6000 rpm, yang tertinggi 30000 rpm
turbin terendah panasnya 350 deg Cel, yang tertinggi 850 deg cel
Waktu membuat turbine blade di pabriknya suhu terendah 1500 deg Cel, yang tertinggi, 3500 deg Cel, dan sebagai akibat dari serangan polusi dan kerja keras itu bisa berakibat.

"Salam Terbang "

0 komentar:

Posting Komentar

(Putih)